Friday, February 1, 2013

10 Makanan Penghasil Energi

Seperti yang diketahui, semua makanan tidak diciptakan sama. Memilih dan mengkonsumsi makanan yang tepat dapat membantu menigkatkan harapan hidup dan kualitas hidup kita. Berikut adalah 10 makanan yang dikemas untuk memberikan energi, vitalitas, dan kesehatan.
  1. Kacang - Kacang dari segala jenis mengandung tinggi protein. Protein yang terkandung adalah protein nabati sehingga mengandung sangat sedikit lemak, karbohidrat, dan kalori.
  2. Oatmeal - Oatmeal adalah makanan yang menurunkan kolesterol dalam darah. Kita dapat membuat sendiri oatmeal dengan gandum yang dihancurkan atau dengan membeli oatmeal yang siap saji. Oatmeal adalah biji-bijian yang juga mengandung serat yang sangat dibutuhkan untuk menunda lapar dan juga menjaga gula darah kita agar tetap stabil.
  3. Buah - Buah kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan A. antioksidan melawan kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh dan juga mengurangi resiko kanker. Buah seperti blueberry dan anggur memiliki kandungan antioksidan tertinggi. Tetapi untuk menjaga kesehatan, usahakan memilih buah yang beragam. Antioksidan dalam buah menigkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan efek penuaan dalam tubuh.
  4. Makanan Alium - Makanan ini meliputi makanan dengan bahan dasar bawang putih, bawang merah, dan daun bawang. Bawang putih dikenal mampu menurunkan kolesterol. Makanan jenis ini membantu menjaga tubuh terhadap resiko kanker dan penyakit lainnya. Selain itu juga mampu menurunkan tekanan darah dan mencegah penggumpalan darah.
  5. Salmon - Mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 mengurangi resiko penyakit jantung. Lemak pada ikan salmon adalah lemak hewani, tapi mengandung lemak baik yang telah terbukti untuk meningkatkan kesehatan pada anak-anak dan orang dewasa. Salmon kaya akan protein yang bagus untuk dikonsumsi setelah berolah raga untuk membentuk jaringan otot.
  6. Biji Rami - Seperti halnya salmon yang mengandung asam lemak omega-3, biji juga mengandung asam lemak omega-6 dan omega-9. Anda bisa mengandalkan biji-bijian ini untuk membantu melawan kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan diabetes. Bubuk biji rami dapat dikonsumsi dengan menaburkannya pada makanan / jajanan yang akan dikonsumsi.
  7. Paprika - Paprika memiliki beberapa jenis dengan beberapa warna yang berbeda. Paprika mengandung antioksidan seperti betakaroten dan vitamin C. Semua paprika mengandung zat yang disebut capsaicin. Capsaicin memiliki sifat suatu pereda anti-inflamasi atau mengurangi rasa sakit, dan menurunkan resiko kanker dan penyakit jantung. Paprika baik dikonsumsi sebagai salad dan segala macam hidangan.
  8. Kacang-kacangan dan biji-bijian - Kacang memanglah makanan yang tinggi lemak, namun lemak tersebut adalah jenis lemak yang baik. Kacang tanah, kacang almond, walnut, dan lain-lain merupakan jenis makanan penyedia protein dan lemak. Kacang membantu menurunkan kolesterol.
  9. Berry Acai - Berry ini terbukti kaya akan atioksidan dan dapat meningkatkan energi.
  10. Yogurt - Yogurt mengandung kalsium, vitamin B, dan protein. Jika anda tidak mengkonsumsi susu, yogurt bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjadi sumber kalsium untuk tubuh anda untuk membangun tulang dan gigi yang kuat. Yogurt juga mengandung bakteri yang ramah untuk membantu menjaga sistem pencernaan kita tetap sehat.
Membangun tubuh yang sehat sebaiknya dimulai dari apa yang anda makan.

No comments:

Post a Comment