Saturday, January 26, 2013

Daur Ulang Limbah

Daur ulang limbah adalah pemrosesan kembali bahan yang pernah digunakan untuk mendapatkan produk baru. Atau dapat dikatakan sebagai suatu proses penggunaan bahan secara berulang-ulang.
  • Manfaat Daur Ulang Limbah
    Mendaur ulang limbah bermanfaat untuk kehidupan manusia yaitu sebagai berikut :
    1. Konservasi sumber daya alam karena dapat mengurangi kebutuhan terhadap bahan mentah.
    2. Konservasi energi karena menggunakan energi listrik lebih sedikit dari pada membuat produk bukan daur ulang.
    3. Mengurangi pencemaran. Proses produksi dari bahan bekas menghasilkan polusi lebih sedikit dibandingkan menggunakan bahan baru.
    4. Alasan ekonomi karena dapat menghemat biaya.
  • Proses Daur Ulang
Produk daur ulang dapat diperoleh dengan cara reuse dan recycle. Reuse adalah penggunaan kembali limbah tanpa mengubah sifat. Recycle adalah penggunaan kembali limbah setelah diolah.
    • Daur ulang kaca
Limbah kaca dapat berulang kali dilebur dan diubah menjadi produk baru. Pada saat kaca melebur, bahan diaduk, disaring, dan terkadang diputihkan. Pemanfaatan daur ulang kaca untuk menghasilkan produk baru membutuhkan energi 40% lebih sedikit dibandingkan menggunakan bahan mentah baru.
    • Daur ulang logam
Logam yang akan didaur ulang dikumpulkan dahulu. Kemudian dipisahkan antara baja, besi, campuran tembaga, dan campuran aluminium. Daur ulang tersebut sangat penting karena produksi aluminium dari bijih bauksit membutuhkan energi listrik yang sangat besar. Limbah aluminium seperti bekas kaleng minuman didaur ulang menjadi kaleng lagi. Negara Amerika mampu memanfaatkan kembali lebih dari 60% kaleng minuman yang mengandung logam aluminium.
Tembaga biasa digunakan untuk membuat kabel listrik. Campuran tembaga banyak digunakan oleh pabrik. Daur ulang terhadap logam tersebut penting karena cadangan tembaga di alam semakin habis. Besi dan baja bekas dapat dilebur kembali untuk dibentuk menjadi produk baru. Daur ulang produk besi dan baja penting untuk konservasi bijih besi di alam.
    • Daur ulang plastik
Proses pembuatan plastik yang terbuat dari bahan minyak membutuhkan biaya tidak sedikit dan menghasilkan banyak polusi. Beragam jenis plastik terurai sangat lambat dan telah mencemari lingkungan untuk waktu yang lama. Seluruh plastik dapat didaur ulang melalui proses yang disebut pirolisis. Pada proses tersebut plastik ditempatkan pada suhu 500 derajat tanpa oksigen. Pada suhu tersebut, penguraian plastik membebaskan gas yang dapat diunakan untuk membuat plastik baru atau dibakar untuk membangkitkan energi listrik.
    • Daur ulang kertas
Produksi kertas dari bahan baku pohon membutuhkan biaya dan energi yang banyak. Limbah kertas didaur ulang untuk menghasilkan kertas baru. Limbah kertas dijadikan bubur kertas, dibersihkan, diputihkan terhadap noda, kotoran, dan tinta sehingga dapat dihasilkan lagi menjadi kertas baru.
    • Daur ulang air
Air dari instalasi pengolahan air limbah industri dan pertanian dapat dimurnikan dan digunakan kembali. Salah satu cara pemurnian air adalah mengalirkannya ke danau (laut) atau mendirikan instalasi pemurnian khusus.

No comments:

Post a Comment