Tuesday, October 30, 2012

Menu Seimbang

menu-makanan-sehat-Anda-apakah-menenangkan- fisik-dan-pikiran-AndaPola makan yang bermasalah dapat menyebabkan penyakit, termasuk penyakit defisiensi yakni kekurangan zat gizi tertentu. Untuk mencegah hal itu, beberapa negara membuat slogan menu sehat untuk masyarakatnya. Misalnya saja Amerika Serikat dengan seven basic-nya. Dan Indonesia dengan Empat Sehat Lima Sempurna. Di Indonesia, anjuran perbandingan protein : lemak : karbohidrat adalah sebesar 10-15% : 20% : 65-70%.
Seperti diketahui bahwa Indonesia memiliki slogan untuk susunan makanan sehat, bergizi, dan seimbang yaitu Empat Sehat Lima Sempurna. Hidangan empat sehat berupa nasi, sayur, lauk, dan buah, telah memenuhi tuntutan kesehatan karena mengandung zat makanan yang dibutuhkan tubuh, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Untuk menyempurnakan hidangan tersebut, kita dapat menambahkannya dengan susu sehingga menjaid lima sempurna. Rumusan empat sehat lima sempurna yakni sebagai berikut :
  • Nasi -- merupakan makanan pokok bagi para penduduk di hampir semua wilayah Indonesia. Nasi berasal dari tanaman padi. Nasi di sini bertindak sebagai sumber karbohidrat. Namun nasi juga dapat diganti dengan sumber karbohidrat lainnya, seperti sorgum, ubi, jagung, sagu, singkong, kentang, talas, gandum, dan garut.
  • Sayur – Setiap daerah mempunyai nama khas sendiri dengan hidangan sayurnya yang diramu dan dimasak dengan berbagai macam bahan dan bumbu rempah-rempah. Misalnya saja sayur bobor, sayur asam, gudeg, oseng-oseng, dan lain-lain. Bahan sayur antara lain kol, wortel, sawi, tomat, kangkung, daun singkong, kapri, kara, buncis, labu kuning, kacang panjang, daun pepaya, nangka muda, dan masih banyak lagi.
  • Lauk – Lauk pauk dapat berupa bahan makanan yang direbus atau digoreng begitu saja. Ada pula yang diramu dan dimasak dengan berbagai macam dan bumbu serta diberi nama khusus. Misalnya tempe goreng, tahu bacem, telur rebus, dadar telur, rolade ayam, telur balado, bakso sapi, tahu saus tiram, pepes ikan, perkedel, terik daging, opor ayam, semur daging, dan masih banyak lainnya.
  • Buah – Hidangan buah dapat dimakan langsung tanpa dimasak. Contohnya mangga, sawo, pisang, salak, apel, nanas, pepaya, buah naga, nangka, durian, duku, manggis, rambutan, dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi buah-buahan setiap hari dapat mempermudah dan melancarkan buang air besar karena di dalam buah banyak sekali mengandung serat, selain itu buah juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit.
  • Susu – Di dalam susu terkandung berbagai macam zat, terutama lemak, vitamin, protein, dan kalsium. ASI sangat penting bagi bayi karena selain zat-zat yang terkandung di dalamnya, juga untuk menjalin hubungan kejiwaan antara ibu dan bayinya. Ibu yang menyusui bayinya juga memperoleh beberapa keuntungan yakni :
    1. Menjarangkan kehamilan
    2. Mempercepat pulihnya rahim
    3. Terhindar dari kemungkinan timbulnya kanker rahim
    4. Isapan bayi saat menyusu akan mendorong otot rahim untuk tetap berkontraksi sehingga dapat mencegah pendarahan setelah melahirkan.

No comments:

Post a Comment